Gua Larangan Tambakromo bisa Dijadikan Wisata Andalan Kab. Pati


Kabardaring.com – Salah satu gua alam di wilayah kabupaten Pati yang belum begitu terekspos adalah gua larangan di pegunungan Kendeng, tepatnya terletak di desa Larangan kec. Tambakromo kab. Pati. Gua jenis karst yang terbentuk dari pelarutan batuan kapur ini sudah lama diketahui keberadaannya oleh warga sekitar namun belum begitu dilirik potensi wisatanya, hanya diambil fosfatnya saja karena seperti pada umumnya di gua-gua karst adalah tempat tinggal favorit kelelawar dan burung. Fosfat merupakan bahan endapat alami yang berasal dari kotoran kelelawar dan burung yang sangat cocok dipakai sebagai pupuk tanaman.

Baru-baru ini gua larangan tampak sudah mulai dibangun untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata oleh Pemdes setempat.  Para pengunjung lokal yang tahu akan keberadaan gua yang memiliki stalaktit di dalamnya ini pun mulai berdatangan.

Bila dibangun dan dikelola dengan baik tanpa menghilangkan citra alaminya gua karst ini berpotensi bisa menjadi salah satu destinasi andalan kabupaten Pati, mengingat gua ini ternyata cukup luas dan panjang, aksesnya pun mudah.  Juga bisa dintegrasikan dengan destinasi wisata gua lain yang lokasinya tidak begitu jauh seperti Gua Wareh dan Gua Pancur yang berada di kecamatan sebelah.
Alasan lainnya adalah Gua Larangan ini memiliki nilai historis dengan dibumbui mitos-mitos seputar Legenda Angling Darma yang bisa menarik wisatawan tertentu dari luar daerah.
Reporter : Ega
Editor : Aif

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gua Larangan Tambakromo bisa Dijadikan Wisata Andalan Kab. Pati"

Posting Komentar

HAK JAWAB DAN KOREKSI BISA DIKIRIMKAN KE EMAIL KAMI ATAU BISA DITULIS DI KOLOM KOMENTAR