Desa Klumpit - Tlogowungu Telah Realisasi Program Padat Karya Tunai (PKT) Tahun 2018

Pelaksanaan PKT di Dk Bungkar Desa Klumpit Kec.Tlogowungu Kab Pati

Kabardesaonline.com - Tlogowungu - Pelaksanaan Pembangunan dari dana bantuan yang bersumber dari Dana Desa Tahun 2018 telah di laksanakan di Desa-Desa disebagian wilayah di Indonesia. Dana Desa yang bersumber dari Dana APBN ini selain untuk kegiatan pembangunan infrastruktur desa, juga dipergunakan untuk kegiatan pemberdayaan yang bersifat produktif dan berkelanjutan dengan pelibatan BUMDes, Koperasi dan UMKM. Untuk program yang menitikberatkan pada peningkatan sumberdaya ekonomi masyarakat, Kemendesa/Lembaga telah mencanangkan sebuah program prioritas yaitu Padat Karya Tunai (cash for work) atau disebut dengan PKT yang bersumber pula dari Dana Desa Tahun 2018.

Hal-hal yang melatar belakangi lahirnya program padat karya tunai desa ini adalah masih tingginya gizi buruk dan stunting, masih tingginya angka pengangguran, masih tingginya angka kemiskinan, masih tingginya tingkat kesehjateraan pendapatan, tingginya jumlah desa tertinggal dan terjadinya migrasi dan urbanisasi yang tinggi. 

Dengan melihat prioritas lokasi Padat Karya Tunai di Desa pada tahun 2018 ini adalah 1.000 desa di 100 kabupaten yang diusulkan oleh Bappenas bersama TNP2K ini Perlu langkah nyata untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya memanfaatkan dana desa guna percepatan penurunan kemiskinan dan ketimpangan tersebut melalui program padat karya tunai tersebut. Seperti yang kita tahu bersama bahwa program padat karya tunai desa merupakan  program yang mengutamakan sumber daya lokal, tenaga kerja lokal dan teknologi lokal desa. Artinya banyak sekali manfaat yang bisa di rasakan masyarakat jika program ini berjalan dengan baik yang memang bertujuan untuk penciptaan kesempatan kerja di Desa dan peningkatan tambahan upah/pendapatan bagi masyarakat desa yang dilakukan dengan Padat Karya Tunai dan swakelola. Sedangkan untuk peningkatan Sumberdaya Daya Manusia dilksanakan dengan melaksanakan Peningkatan pelatihan dan pendampingan dalam mengembangkan potensi Desa, Penyederhanaan sistem pelaporan dan pertanggungjawaban di Desa.

Dukungan dan Optimalisasi peran Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Aparat Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Perangkat Pemerintah Desa dan masyarakat Desa dalam perencanaaan dan pengawasan pelaksanaan program padat karya tunai ini sangat dibutuhkan demi suksesnya dan ketepatan pelaksanaan program yang menitik beratkan pada peningkatan ekonomi masyarakat yang sangat bermanfaat dan dirasakan langsung oleh masyarakat desa. 

Seperti halnya di Desa Klumpit Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati yang telah melaksanakan kegiatan tersebut (5/5). Sedangkan Desa Klumpit adalah merupakan sebuah desa yang berada di daerah paling luar dibagian sebelah utara Kecamatan Tlogowungu. 


Pelaksanaan PKT di Dk Bungkar Desa Klumpit Kec Tlogowungu

Hal ini terbukti telah dilaksanakannya program tersebut di Dk Bungkar yang merupakan wilayah terjauh dari pusat desa dan memperkerjakan masyarakat lokal desa. Kegiatan yang menjadi prioritas untuk pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah/ pendapatan, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Warga antusias melaksanakan PKT Di Desa Klumpit

Warga sangat antusias dalam mengikuti program tersebut. Laki-laki dan perempuan berduyun-duyun berbaur bersama dengan aparat pemerintah desa, pendamping desa, pendamping lokal desa melaksanakan perawatan dan mengawali proses pembangunan yang telah direncanakan oleh pemerintah desa yang dikerjakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan Desa. Didampingi oleh Pendamping Profesional Desa Kec Tlogowungu, Pendamping Lokal Desa serta Pemerintah Desa dan Tim Pelaksana Kegiatan, pelaksanaan padat karya tunai tersebut berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan dan tepat sasaran.

PKT di Dk Bungkar Ds Klumpit

"Rencana kedepan masih akan dilaksanakan dan banyak lagi membutuhkan PKT di dukuh tersebut untuk pembukaan jalan tembus menuju pusat desa, karena akses warga bungkar apabila membutuhkan pelayanan dari pemerintah desa masih melewati desa lain" ujar Suyanto Perangkat Desa Klumpit saat di wawancarai Kabardesaonline.com. "Untuk pagu anggaran Dana Desa tahun 2018 Desa Klumpit sebesar Rp. 953.908.000; dan dicairkan ditahap pertama sebanyak 20% dari pagu anggaran senilai Rp.190.781.600; untuk tahap pertama ini PKT murni sebesar Rp.36.000.000; direalisasikan untuk pelebaran jalan antar dukuh dan pembersihan selokan serta badan jalan akibat longsoran, sedangkan untuk PKT di Dk Bungkar ini senilai Rp.9.600.000;" Lanjutnya. Har

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Desa Klumpit - Tlogowungu Telah Realisasi Program Padat Karya Tunai (PKT) Tahun 2018"

Posting Komentar

HAK JAWAB DAN KOREKSI BISA DIKIRIMKAN KE EMAIL KAMI ATAU BISA DITULIS DI KOLOM KOMENTAR