Ulang Tahun, Kelompok Tani “Dadi Mulyo” Glenter - Tajungsari Luncurkan Produk Kopi


Kabardesaonline.com, Tlogowungu – Bertempat di depan sekretariat Poktan (Kelompok Tani) Dadi Mulyo Dukuh Glenter Desa Tajungsari Kecamatan Tlogowungu, Pada Kamis (19/04) menggelar acara ulang tahun ke satu sekaligus meluncurkan produk perdana berupa kopi bubuk kemasan dengan brand “Kopi Tretes”.


Acara yang berlangsung lancar sejak pukul 09.00 WIB dan selesai tengah hari tersebut dihadiri oleh masyarakat sekitar,  Kepala Desa Tajungsari beserta perangkat dan BPD, Kelompok Tani dari desa-desa tetangga, karang taruna, juga dari instansi terkait.  Acara diisi dengan sambutan-sambutan dan hiburan musik di sela-sela acara, terakhir adalah pemotongan tumpeng dan launching produk secara simbolis.

Shokib, Ketua Poktan “Dadi Mulyo” kepada hadirin menjelaskan bahwa sebetulnya Poktan “Dadi Mulyo” bukanlah poktan baru, namun sudah ada sejak tahun 2005, tepatnya berdiri pada tanggal 10 Juli 2005 dengan Zainudin sebagai ketuanya. Kemudian pada pada 20 April 2017 tahun lalu diadakan reorganisasi karena kurang aktif, oleh ketua lama kepengurusan diserahkan ke pengurus baru yang terkonsentrasi di wilayah dukuh Glenter desa Tajungsari, itulah mengapa pada ulang tahun kali ini disebutkan ulang tahun ke satu. Dengan aktifnya kembali Poktan “Dadi Mulyo” Shokib berharap dapat mempermudah petani dalam mendapatkan pupuk sebagai salah satu manfaat.

Kepala Desa Tajungsari, Ruba’i, yang juga hadir dan memberikan sambutan di awal acara sangat mengapresiasi peluncuran produk “Kopi Tretes” dan menghimbau agar poktan terus berkoordinasi dengan Pemdes Tajungsari.

Hadir juga dalam acara tersebut Kepala Seksi RHL (Rehabilitasi Hutan dan Lahan) BPH II Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Puji Harini, S. Hut, MP.  Dalam sambutannya, Puji Harini mendorong agar Poktan Dadi Mulyo terus berkonsultasi dan koordinasi dengan penyuluh dari dinas terkait dan bergabung dengan komunitas kopi dalam hal pemasaran.

Lebih lanjut, Puji Harini juga menyampaikan bahwa sebetulnya ada bantuan berupa anggaran, pendampingan kaitannya dengan administrasi poktan, dan lain-lain agar bisa meningkatkan status Kelompok Tani dari kelas MADYA menjadi kelas UTAMA, hanya saja Poktan lah yang harus lebih pro aktif atau menjemput bola.

Ditemui di sela-sela acara, Abdul Rohim selaku seksi pemasaran kepada kabardesaonline.com menyampaikan bahwa dirinya akan menjalin kerja sama dengan Karang Taruna Kecamatan Tlogowungu agar bisa membantu memasarkan produk-produk poktan.

Reporter : Saiful M.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulang Tahun, Kelompok Tani “Dadi Mulyo” Glenter - Tajungsari Luncurkan Produk Kopi"

Posting Komentar

HAK JAWAB DAN KOREKSI BISA DIKIRIMKAN KE EMAIL KAMI ATAU BISA DITULIS DI KOLOM KOMENTAR