Dibutuhkan saat sungai banjir, Petani di Desa Lahar ingin jembatan ini cepat dibangun

Foto : Aries-Kdo
kabardesaonline.com, Tlogowungu - Ratusan warga di desa Lahar Kec. Tlogowungu - Pati, khususnya yang bermukim di dukuh Lahar dan dukuh Jasem berharap bisa segera membangun jembatan yang selama ini mereka manfaatkan untuk akses ke sawah atau ladang ketika kali sedang banjir.  Bukan hanya petani, warga yang melakukan aktifitas di sawah ladang untuk bekerja atau mencari pakan ternak yang mengharuskan menyebrang sungai ratusan jumlahnya.

Sewaktu-waktu jembatan yang hanya terbuat dari bambu tersebut hancur atau lenyap bila tersapu banjir besar. Tidak ada pilihan lain warga terpaksa menunggu sampai banjir reda, atau harus rela berjalan memutar lebih dari 1 km mencapai jembatan lain yang ada di desa Tajungsari di sebelah barat desa Lahar.

Areal sawah dan ladang yang dimaksud memang diapit oleh dua aliran sungai, di sebelah utara DAS (Daerah Aliran Sungai) ada di dukuh Lahar dan di sebelah selatan DAS ada di dukuh Krakeh, sehingga ketika terjadi banjir besar warga banyak yang merasa resah.

Tidak terlalu menjadi masalah ketika hendak berangkat sungai banjir dan jembatan tidak bisa diseberangi, yang menjadi masalah adalah ketika ada warga yang masih di sawah atau ladang dan tidak bisa menyebrang, keluarga yang di rumah pasti merasa was-was menunggu kepulangan anggota keluarganya, bila dipaksakan menyebrang akan sangat beresiko (red)

Sumari salah seorang Petani, kepada kabardesaonline.com menuturkan bahwa warga sekitar, khususnya yang saben hari memanfaatkan jembatan tersebut berharap bisa secepatnya mendapat bantuan stimulant dari Pemdes Lahar, guna membangun jembatan itu dengan cor atau beton sehingga akan lebih kuat dan awet.

“ Saya mendengar sekarang desa punya dana milyaran dari Pemerintah Pusat, kami sebagai warga yang merasa butuh sangat berharap mendapat bantuan juga, karna jembatan ini benar-benar sangat dibutuhkan oleh kami para petani, kami pun siap urunan (swadaya) bila memang bantuan yang diberikan oleh Desa tidak mencukupi ” terang Sumari kepada kabardesaonline.com (01/03)

Reporter : Saiful                                                                                               

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dibutuhkan saat sungai banjir, Petani di Desa Lahar ingin jembatan ini cepat dibangun"

Posting Komentar

HAK JAWAB DAN KOREKSI BISA DIKIRIMKAN KE EMAIL KAMI ATAU BISA DITULIS DI KOLOM KOMENTAR