Tahun 2017 Pemerintah siap kucurkan Dana Desa 60 Triliun rupiah



kabardesaonline.com, Jakarta - Di tahun 2017 nanti yang tinggal menghitung hari ini Pemerintah Pusat akan mengucurkan Dana Desa sebesar 60 triliun rupiah kepada 74.954 ribu desa di seluruh Indonesia.

Seperti yang dijelaskan dalam Pasal 72 Ayat 2 tentang Keuangan Desa. Jumlah alokasi anggaran yang langsung ke desa, ditetapkan sebesar 10 persen dari dan di luar dana transfer daerah. Kemudian dipertimbangkan jumlah penduduk, angka kemiskinan, luas wilayah, kesulitan geografi. Hal ini dalam rangka meningkatkan masyarakat desa karena diperkirakan setiap desa akan mendapatkan dana sekitar 1.4 miliar berdasarkan perhitungan dalam penjelasan UU desa yaitu, 10 persen dari dan transfer daerah menurut APBN untuk perangkat desa sebesar Rp. 59, 2 triliun, ditambah dengan dana dari APBD sebesar 10 persen sekitar Rp. 45,4 triliun. Total dana untuk desa adalah Rp. 104, 6 triliun yang akan dibagi ke 74 ribu desa se Indonesia.

Meskipun begitu hitung-hitungan di atas hanyalah taksiran kasar saja. Realisasi nya untuk Tahun Anggaran 2017 adalah seperti yang dilansir di dalam situs resmi Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementrian Keuangan yang dapat diakses di http://www.djpk.depkeu.go.id/


Dalam laman djpk-depkeu tersebut ditetapkan Dana Desa yang akan disalurkan adalah sebanyak 54 triliun rupiah  untuk Alokasi Dasar ditambah 6 triliun rupiah untuk Alokasi Formula, dimana setiap desa rata-rata akan mendapat jatah 720.442 juta rupiah.

Editor : Saiful

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahun 2017 Pemerintah siap kucurkan Dana Desa 60 Triliun rupiah"

Posting Komentar

HAK JAWAB DAN KOREKSI BISA DIKIRIMKAN KE EMAIL KAMI ATAU BISA DITULIS DI KOLOM KOMENTAR