Hanya punya 7 murid, SD di Sumbermulyo - Pati ini akan ditutup



kabardesaonline.com, Tlogowungu - Sekolah Dasar Negeri Jatiurip 02 yang terletak di dukuh Dekem desa Sumbermulyo kecamatan Tlogowungu - Pati rencananya akan ditutup oleh Dinas Pendidikan Kab. Pati pada akhir tahun pelajaran 2018-2019 mendatang.

Rencana penutupan Sekolah yang sudah menjadi tempat menimba ilmu anak-anak di Sumbermulyo sejak puluhan tahun silam ini lantaran muridnya hanya tersisa 7 anak saja. Masing-masing di kelas IV ada 3 anak dan di kelas V ada 4 anak, laki-laki 4 anak dan perempuan 3 anak. Sedangkan untuk kelas I, II, III, dan VI sudah tidak punya murid lagi.

Kroscek di lapangan oleh kabardesaonline.com, kekurangan murid ini diduga karna dalam satu dukuh tersebut ada sekolah sederajat yakni Madrasah Ibtidaiyah, dimana dalam satu Yayasan juga memiliki lembaga pendidikan tingkat TK atau RA, sehingga otomatis siswa lulusan RA akan melanjutkan di MI yang gedungnya bergandengan. Sedangkan di dukuh Sangklur sebelahnya juga sudah ada SDN Jatiurip 01 dan juga Madrasah Ibtidaiyah

Terkait dengan kondisi tersebut di atas, Martono, S.Pd selaku pengampu Kepala SDN Jatiurip 02 kepada kabardesaoline.com belum lama ini menyampaikan bahwa pihaknya sebetulnya sudah pernah bermusyawarah dengan para wali murid di awal tahun pelajaran 2016/2017 yang lalu. Pihak sekolah sudah meminta kepada para wali murid bahwa siswa yang tinggal ada 7 itu untuk pindah saja ke MI atau ke SD terdekat karna menurut aturan yang berlaku jumlah murid sudah tidak memenuhi syarat oprasional sekolah.

Gedung SDN Jatiurip 02 yang rencananya akan ditutup (foto : Kim)

Lebih lanjut, Martono menyampaikan bahwa wali murid tidak bersedia untuk memindah anaknya ke sekolah lain.  Dengan alasan bila pindah ke MI dikhawatirkan anak tidak mampu mengejar ketertinggalan kurikulum agama, sedangkan jika pindah ke SDN Jatiutup 01 jaraknya terlalu jauh untuk anak-anak jalan kaki yakni sekitar 1,5 kilometer.



Menanggapi kabar yang cukup menyita perhatian masyarakat Tlogowungu itu. Dra. Gumindar selaku Kepala Dinas Pendidikan Kecamatan Tlogowungu dalam rapat koordinasi dengan seluruh Kepala Sekolah dan Operator Sekolah se Kecamatan Tlogowungu di Gedung Dwija Bhakti Tlogorejo pada akhir Agustus yang lalu menegaskan bahwa SDN Jatiurip 02 akan tetap diaktifkan proses belajar mengajarnya sampai nanti semua siswanya sudah lulus untuk kemudian akan ditutup secara permanen. (aif)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hanya punya 7 murid, SD di Sumbermulyo - Pati ini akan ditutup"

Posting Komentar

HAK JAWAB DAN KOREKSI BISA DIKIRIMKAN KE EMAIL KAMI ATAU BISA DITULIS DI KOLOM KOMENTAR