Apa itu Galian Golongan C ?

ilustrasi : equtor.co.id

kabardesaonline.com -  Aktifitas penggalian dan penambangan sejak dahulu sudah dilakukan oleh penduduk. Dan dari berbagai macam eksploitasi terhadap alam tersebut Pemerintah sudah mengaturnya dalam Undang-Undang dengan membagi kategori penambangan menjadi beberapa golongan agar memudahkan dalam pengawasan dan pengontrolan.  Dalam Tulisan ini yang akan dibahas adalah Galian Golongan C yang kerap dilakukan oleh penduduk desa.

Dalam UU No. 11/1967 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pertambangan. Pada Pasal 3 disebutkan, (1) Bahan-bahan galian dibagi atas tiga golongan:
a. golongan bahan galian strategis;
b. golongan bahan galian vital; dan
c. golongan bahan galian yang tidak termasuk dalam golongan a atau b.

Butir (c) pada pasal itu, yang kemudian banyak dikenal sebagai "bahan galian golongan C" atau "galian C"

"Penggunaan kata bahan galian golongan C yang sebelumnya telah diatur dalam UU No 11 Tahun 1967 silam tersebut telah diubah berdasarkan UU No 4 Tahun 2009, menjadi 'batuan', sehingga penggunaan istilah bahan galian golongan C sebetulnya tidak relevan lagi karna sudah secara khusus disebut “batuan”, namun masyarakat sudah terlanjur akrab dengan sebutan “ Galian C ”

Dalam penjelasan yang lebih sederhana “ Galian C ” adalah bahan tambang yang lumrah digunakan untuk pembangunan infrastruktur. Baik bangunan pribadi seperti rumah, dan swasta maupun pemerintah seperti pembangunan jalan dan jembatan. Bahan tambang tersebut berupa pasir kali, batu pecah, krokol, tanah hurug, padas, dll


Seiring perkembangan jaman, aktifitas penambangan yang semula dilakukan dalam skala kecil oleh masyarakat sekitar DAS (Daerah Aliran Sungai) seperti mengumpulkan batu pecah atau pasir misalnya, kini mulai menjadi skala besar (baca = depo) yang berpotensi “merusak” lingkungan terutama DAS (Daerah Aliran Sungai) karna banyak yang menggunakan alat-alat berat, sehingga di berbagai daerah aktifitas “Galian C” ini mulai menimbulkan Pro dan Kontra di masyarakat. (red) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu Galian Golongan C ?"

Posting Komentar

HAK JAWAB DAN KOREKSI BISA DIKIRIMKAN KE EMAIL KAMI ATAU BISA DITULIS DI KOLOM KOMENTAR