Yang suka marah dan ngomel-ngomel saat listrik padam, WAJIB baca ini !

foto : kaskuser

kabadesaonline-com, Pati - Kebanyakan masyarakat ketika listrik padam responnya yang ada cenderung negatif, tak terkecuali masyarakat di kabupaten Pati.  Ada yang ngomel, ada yang uring-uringan, ada yang marah-marah, bahkan ada yang ngamuk-ngamuk saking kesalnya. Pemicunya beragam: kadang sedang keadaan kerja yang membutuhkan kelistrikan, kadang sedang nonton TV, kadang sedang kumpul-kumpul dan berbagai kondisi yang lainnya. Apalagi bagi yang sedang nonton siaran langsung sepakbola tim favoritnya, ketika mendadak listrik pada saat pertandingan berlangsung.. sumpah serapah dan caci maki langsung keluar dari mulut. Tapi apakah kita tau apa yang sedang terjadi di luar sana terkait kondisi kelistrikan yang ada? Apakah kita tau secara pasti apakah sebenarnya penyebab padamnya listrik tersebut?


Banyak faktor penyebab pemadaman listrik mendadak, seperti: kabel tegangan tinggi putus, kebakaran rumah penduduk, trafo meledak, hingga kelakuan warga yang iseng

Seorang petugas PLN yang bekerja di sebuah wilayah meninggal dunia akibat meledaknya sebuah trafo PLN yang sedang dilakukan proses perbaikan atau maintenance. Ada kalanya untuk menghindari kekecewaan konsumen pengguna listrik, proses maintenance tertentu dilakukan tanpa dilakukannya pemadaman arus listrik. Reza nama petugas tersebut, seorang pemuda lajang yang bekerja sebagai karyawan teknik, outsource di PLN. Reza meninggal di tempat dengan sebagian tubuh luka parah terbakar sengatan listrik tegangan tinggi.Rekan kerja yang ada di sampingnya pun sampai terlempar, untungnya tidak sampai luka parah.


Cerita lain, Pada saat hari raya Idul Fitri. Beberapa menit selepas selesai shalat Id seorang petugas PLN langsung kembali menghidupkan alat komunikasi frekuensi radio Handy Talkie untuk memantau kondisi kelistrikan yang ada. Sama seperti halnya tanggung jawab dan dedikasi petugas palang pintu kereta api, penjaga mercusuar, security kantor dan semisalnya... disaat kita-kita asyik menikmati kemeriahan lebaran, mereka masih disibukkan dengan tanggung jawabnya dalam melayani masyarakat.
Semisal ada gangguan jaringan listrik, petugas akan langsung melepas baju koko dan berganti dengan seragam PLN dan langsung meluncur ke TKP, meskipun itu tengah malam , meskipun dalam keadaan hujan deras.

Dari beberapa masyarakat ada yang komentar yang intinya gak peduli dengan kondisi insidental dan darurat sebagaimana  dijelaskan di atas : "mati kesetrum ataupun kecelakaan kerja lainnya itu sudah resiko mereka, mereka digaji dan tau resikonya. kita konsumen udah bayar, hak kita listrik nyala terus!"

Baiklah, penjelasan di bawah semoga akan membuka pikiran yang sempit, minim empati dan egois seperti komen di atas:

  1. Menanggapi komentar "kita udah bayar, jadi hak kita listrik nyala terus". anda membayar apa yang anda gunakan lho. Ketika listrik mati dan meteran listrik tidak bergerak, maka anda tidak perlu membayar apapun.
  2. Seperti halnya Telkom atau BUMN lainnya yang menyediakan produk/jasa untuk melayani masyarakat, anda tidak dipaksa untuk menggunakan jasa PLN. Jika anda tidak puas, silahkan beli genset atau solar cell. Solar cell investasinya juga mahal, juga punya kendala. Misal ketika musim hujan/mendung, nyalahin siapa lagi ? Nyalahin TUHAN ?
  3. Negara melalui PLN menyediakan produk listrik murah untuk masyarakat. Masyarakat tinggal memilih: mau pake genset, solar cell, turbin angin/air.. pake listrik PLN ataupun listrik swasta!Anggapan pihak PLN memonopoli listrik? Silahkan baca penjelasannya di bawah!
  4. Satu kantor pelayanan PLN pada umumnya menaungi beberapa kecamatan dengan radius hingga belasan kilometer dengan ribuan pelanggan! Dari yg rumahnya dipinggir jalan raya sampai yg masuk ke pelosok. Ketika di beberapa tempat terjadi gangguan (faktor alam, kesalahan pelanggan, peralatan, dll), petugas PLN tidak bisa melayaninya sekaligus.
  5. Anda pernah mendadak sakit? Pernah tau teman/saudara/tetangga yang terlihat sehat, namun tiba-tiba meninggal dunia? Nah.. seperti itu juga peralatan PLN, juga bisa 'sakit' dan bahkan mati mendadak.
Sumber : kaskus.co.id
Editor : Saiful M

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Yang suka marah dan ngomel-ngomel saat listrik padam, WAJIB baca ini !"

HAK JAWAB DAN KOREKSI BISA DIKIRIMKAN KE EMAIL KAMI ATAU BISA DITULIS DI KOLOM KOMENTAR