Kalau Presiden Jokowi jadi ke Pati, ini yang akan terjadi

ilustrasi : m.riaupos.co
kabardesaonline.com, Pati - Beberapa hari ini warga kabupaten Pati tengah ramai perbincangan terkait rencana kunjungan Presiden Jokowi ke Bumi Mina Tani, yang salah satu agendanya adalah meresmikan PT. Dua Putra Utama Makmur yang berlokasi di kecamatan Juwana.
Akibat pembatalan yang mendadak itu kunjungan ke Pabrik pegolah ikan yang saben hari mampu mengolah ikan segar sebanyak 13 ton tersebut akan digantikan oleh Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan.
Lalu, kalau Presiden Jokowi jadi bertolak ke Pati apa yang bakal terjadi ? yang akan terjadi adalah kesibukan pengamanan super ketat, yang akan melibatkan satuan tugas dari empat kabupaten terdekat dari wilayah Pati.
Seperti apa teknis pengamanannya ? di bawah akan dijelaskan protokoler pengamanan seorang Presiden ketika hendak mengunjungi suatu wilayah. 
Ada dua kondisi lalu lintas : padat (ramai) dan landai (sepi/lancar). Kondisi padat dan landai ditentukan setelah koordinasi komandan Satuan Patroli Pengawalan (Patwal) dengan petugas piket lalu lintas di Kepolisian Daerah. Prosedur saat lalu lintas padat :
  1. Dua jam sebelum berangkat, komandan Pengawal memberitahu Polda. Kodenya “Krisna Parkir” (artinya Presiden mau berangkat).
  2. Polda memberi tahu semua petugas di lapangan sampai tingkat Kepolisian Sektor (Polsek) agar bersiap.
  3. Satu jam sebelum berangkat, Patwal memberi tahu Polda, dan diteruskan ke petugas lapangan agar bersiap. Ini disebut persiapan pertama.
  4. Setengah jam sebelum berangkat, Patwal memberi tahu lagi ke Polda, dan diteruskan ke petugas. Ini disebut persiapan terakhir.
  5. Nol menit sebelum berangkat, petugas lapangan diberi tahu “Start” artinya rombongan Presiden mulai bergerak dan semua jalan yang dilalui sudah harus kosong.
Urutan kendaraan rombongan Presiden (dari depan sampai ke belakang)
1)       Mobil penyapu Paspampres namanya “Cucu”
2)       Mobil penyapu Patwal
3)       Dua brigade motor Patwal
4)       Mobil 91 Pengawalan Patwal
5)       Satu motor Polisi Militer
6)       Satu mobil Polisi Militer (berisi Komandan Paspampres)
7)       Jip berisi pasukan pengawal bersenjata lengkap (anggota Paspampres)
8)       Mobil protokol
9)       Mobil presiden yang dikawal kiri kanan satu motor Polisi Militer
10)   Ambulans & dokter
11)   Jip pasukan bersenjata lengkap (Paspampres)
12)   Mobil pengawal pribadi dan ajudan presiden
13)   Ditutup mobil patroli polisi
Dalam kondisi normal, jumlah pengawal untuk perjalanan presiden di dalam kota sekitar 20 orang. Laju kendaraan rombongan presiden disesuaikan dengan kebutuhan, minimal 80 km/h & maksimal 120 km/h. (sumber : koran Tempo)


 Editor : Aif

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kalau Presiden Jokowi jadi ke Pati, ini yang akan terjadi"

HAK JAWAB DAN KOREKSI BISA DIKIRIMKAN KE EMAIL KAMI ATAU BISA DITULIS DI KOLOM KOMENTAR