Kab. Pati SURPLUS wanita usia nikah 40 ribu lebih, Poligami jadi solusi ?




Kabardesaonline.com, Pati - Kabupaten Pati Jawa Tengah yang merupakan salah satu kota kecil di pulau Jawa yang kerap kali masuk TV nasional merupakan sebuah kota dengan jumlah penduduk yang cukup padat. Jumlah penduduk kabupaten pati masuk kategori 10 besar jumlah penduduk terbanyak dari total 35 kabupaten di Propinsi Jawa Tengah dengan total penduduk pada sensus tahun 2014 adalah 1.225.954 penduduk. (sumber : Badan Pusat Statistik Jateng)




 Yang menarik adalah, bila dibandingkan dengan daerah lain di Jawa Tengah Pati memiliki surplus puluhan ribu jumlah wanita usia nikah dibandingkan pria. Dengan kata lain ada kelebihan sekitar 42.000 (empat puluh dua ribu) lebih jumlah wanita yang memiliki usia nikah (sudah menikah atau siap nikah) bila dibandingkan dengan pria.



Lalu apa pentingnya data-data tersebut ?
Mungkin sebagian besar tidak tertarik atau menganggap hal tersebut tidaklah penting untuk dipersoalkan. Namun kali ini kabardesaonline.com akan mengajak para pembaca khususnya warga Pati untuk sekedar refreshing pikiran dengan membahas hal-hal yang mungkin terkait dengan surplus jumlah wanita tersebut, daripada membahas dan berdebat kusir menyoal perpolitikan nasional yang penuh dengan adegan drama para politikusnya. (red)

Oke ! mari kita lanjutkan..,,
Angka 42.000 tersebut kami dapatkan dari database di website resmi Badan Pusat Statistik Kabupaten Pati. angka realnya adalah : jumlah wanita usia nikah : 492.117 orang sedangkan jumlah pria usia nikah :  447.628 orang, berarti ada kelebihan wanita sebanyak 44.489 orang. Namun karna data tersebut update tahun 2014 maka dengan margin error akibat angka kematian dan perpindahan penduduk (angka kelahiran dikesampingkan karna baru terpaut 2 tahun) maka kami bulatkan saja menjadi 42.000, katakanlah 40.000 !



Berarti bila kita asumsikan satu orang laki-laki di Pati memiliki istri hanya 1 (satu), dan pernikahan dengan orang luar Pati dikesampingkan (karna jumlahnya relatif kecil), maka 40 ribu lebih wanitanya belum mendapat gandengan.

Bila angka 40 ribu di atas misalkan saja dibagi rata dengan membagi separuhnya adalah janda dan separuhnya adalah wanita siap nikah, maka gadis dan janda harus berkompetisi mencari gandengan pria yang pada tahun ini masih usia remaja sampai kira-kira 5 s/d 10 tahun mendatang, atau mencari pasangan dari luar Pati. atau harus rela dipoligami. Sudah siapkah berkompetisi dengan sehat ?? Jodoh di Tangan Tuhan tapi Nikah di Tangan Manusia (red).

Sekali lagi tulisan ini hanya sebatas asumsi  dan sekedar berbagi informasi kepada warga Pati. selebihnya silahkan disikapi dengan kearifannya sendiri-sendiri (aif)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kab. Pati SURPLUS wanita usia nikah 40 ribu lebih, Poligami jadi solusi ?"

Posting Komentar

HAK JAWAB DAN KOREKSI BISA DIKIRIMKAN KE EMAIL KAMI ATAU BISA DITULIS DI KOLOM KOMENTAR