Pilkada makin dekat. KPU Pati segera seleksi PPK dan PPS

Much Nasich, Ketua KPU Kab. Pati (foto : akun fb Kpu Pati)

Dilansir dari postingan Akun FB Kpu Pati KPU Kabupaten Pati terus melakukan persiapan dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pati tahun 2017. Hingga saat ini, KPU sedang mempersiapkan seleksi badan penyelenggara Ad Hoc di tingkat kecamatan dan desa.


Untuk badan penyelanggara ad hoc kecamatan bernama panitia pemilihan kecamatan dengan jumlah 5 orang dan badan penyelanggara Ad hoc tingkat desa bernama panitia pemungutan suara (PPS) dengan jumlah 3 orang.

“Badan ad hoc inilah nanti yang akan membantu kerja KPU dalam melaksanakan tahapan penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Pati tahun 2017,” jelas Ketua KPU Pati, Much Nasich.



Menurut Much Nasich, syarat untuk menjadi PPK dan PPS sebagaimana tertuang dalam PKPU 3 tahun 2015 adalah warga negara indonesia (WNI), berusia paling rendah 25 tahun, setia kepada Pancasila UUD 1945 dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945, berintergritas, pribadi yang kuat serta jujur dan adil, tidak menjadi anggota partai politik atau paling kurang dalam 5 tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik.
“Syarat selanjutnya harus berdomisili di wilayah kerja PPK dan PPS, berijasah SMU sederajat, mampu secara jasmani dan rohani, tidak pernah di pidana penjara berdasarkan kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara lima tahun atau lebih,” imbuhnya.

Hal itu, masih ujar Nasich, masih ditambah dengan syarat belum pernah menjabat sebagai PPK dan PPS selama 2 kali. Menurutnya, 2 kali ini dimaknai dengan 2 periode. Untuk periode pertama tahun 2005 sampai dengan tahun 2009 dan periode kedua tahun 2010 sampai dengan tahun 2014.
Pengumuman dan pendaftaran PPK akan dilaksanakan tanggal 21- 25 Juni 2016 dan untuk PPS tanggal 22 – 26 juni 2016. Berkas pendaftaran PPK nantinya dapat di kirim langsung ke kantor KPU Kabupaten Pati pada saat jam kerja atau di kirim, melalui pos dengan catatan di terima oleh KPU Kabupaten Pati sebelum penutupan pendaftaran tanggal 25 Juni.
“Sementara, untuk pendaftaran PPS dapat dilakukan di kantor desa/kelurahan setempat,” pungkasnya.

SUMBER



PROMOSIKAN PRODUK / USAHA ANDA 
DENGAN PASANG IKLAN DI BLOG INI
PEMASANGAN KLIK DI SINI

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pilkada makin dekat. KPU Pati segera seleksi PPK dan PPS"

HAK JAWAB DAN KOREKSI BISA DIKIRIMKAN KE EMAIL KAMI ATAU BISA DITULIS DI KOLOM KOMENTAR