Pelaksanaan Sensus Ekonomi 2016 di Desa Lahar


Sensus Ekonomi 2016 adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap dasawarsa (sepuluh tahun sekali) yang merupakan salah satu  kewenangan yang diselenggarakan pemerintah, dalam hal ini Badan Pusat Statistik (BPS).
Tujuan umum dari Sensus Ekonomi 2016 adalah mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi kecuali bidang pertanian, sebagai acuan dan dasar bagi penerapan kebijakan perencanaan dan evaluasi pembangunan.
Adapun tujuan khusus sensus ekonomi 2016, yaitu memberikan gambaran lengkap tentang tingkat dan struktur ekonomi, memperoleh informasi dasar yang mencakup semua sektor ekonomi.
Selain itu, kegiatan sensus yang dilakukan oleh petugas lapangan berseragam rompi warna hitam kombinasi orange itu bertujuan untuk mengetahui karakter usaha dan daya saing bisnis di Indonesia, serta mengantisipasi dampak kawasan perdagangan bebas MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN).
“ Masyarakat diharapkan terbuka dalam memberikan data-data terkait usaha yang dimiliki, tidak usah mengkhawatirkan soal pajak, karna sensus ekonomi tidak terkait dengan pajak ” tutur Khotibul Umam salah satu Petugas Sensus Ekonomi Desa Lahar Kec. Tlogowungu Pati saat berbincang dengan tim Kader Desa.
        “ Kami harus memaksimalkan kinerja, mengingat waktu yang semakin mendekati deadline. Masih banyak sekali pelaku usaha yang belum berhasil disensus karna tidak selalu bisa bertemu langsung ketika kami mendatangi warga “ lanjut Khotibul Umam “

Desa Lahar memang merupakan salah satu desa yang memiliki jumlah usaha paling banyak di antara desa-desa di Kecamatan Tlogowungu - Pati. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelaksanaan Sensus Ekonomi 2016 di Desa Lahar"

Posting Komentar

HAK JAWAB DAN KOREKSI BISA DIKIRIMKAN KE EMAIL KAMI ATAU BISA DITULIS DI KOLOM KOMENTAR