APBDes Lahar 2016 mencapai 1,7 MILYAR RUPIAH


APBDes ( Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) Lahar tahun ini mencapai 1,7 milyar rupiah. Adapun pendapatan terbesar adalah diperoleh dari Dana Desa yang diberikan oleh Pemerintah Pusat yakni Rp. 634.662.000,- (Enam ratus tiga puluh empat juta enam ratus enam puluh dua ribu rupiah)
besaran angka Dana Desa tersebut berbeda-beda untuk setiap desa.
Di dalam penjelasan Pasal 72 Ayat 2 tentang Keuangan Desa. Jumlah alokasi anggaran yang langsung ke desa, ditetapkan sebesar 10 persen dari dan di luar dana transfer daerah. Kemudian dipertimbangkan jumlah penduduk, angka kemiskinan, luas wilayah, kesulitan geografi. Hal ini dalam rangka meningkatkan masyarakat desa karena diperkirakan setiap desa akan mendapatkan dana sekitar 1.4 miliar berdasarkan perhitungan dalam penjelasan UU desa yaitu, 10 persen dari dan transfer daerah menurut APBN untuk perangkat desa sebesar Rp. 59, 2 triliun, ditambah dengan dana dari APBD sebesar 10 persen sekitar Rp. 45,4 triliun. Total dana untuk desa adalah Rp. 104, 6 triliun yang akan dibagi ke 72 ribu desa se Indonesia.
Adapun pendapat desa lainnya diperoleh dari Bagi Hasil Pajak, ADD, Bantuan Keungan Provinsi, dan Bantuan Keuangan Kabupaten/Kota.  Selain itu pemasukan keuangan desa juga didapat dari Pendapatan Asli Desa, pendapatan ini didapat dari BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) berupa Pasar Desa. Pasar Hewan, BP-SPAMS, Aset Tanah Desa, dan Swadaya Gotong royong. 
Berikut rincian dasar APBDes Lahar untuk masyarakat desa Lahar ketahui :







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "APBDes Lahar 2016 mencapai 1,7 MILYAR RUPIAH"

Posting Komentar

HAK JAWAB DAN KOREKSI BISA DIKIRIMKAN KE EMAIL KAMI ATAU BISA DITULIS DI KOLOM KOMENTAR