Dari Desa Menatap Dunia


Seperti semangat awal dan tujuan Program Pemberdayaan Masyarakat oleh yang dulunya PPK dan kemudian dilanjutnya dengan PNPM Mandiri Perdesaan tak lain adalah membangun kwalitas SDM masyarakat di tingkat paling bawah yaitu masyarakat desa.
Sejauh ini selama dua dekade progam berjalan tujuan tersebut belum berjalan dengan maksimal.  Pembangunan fisik masih mendominasi berupa pembangunan jalan, talud, drainase, dll.  Sudah saatnya untuk para Kader Desa lebih berfokus pada pembangunan yang berbasis SDM, penggalian potensi desa, potensi para generasi mudanya, dan bila perlu potensi yang direkayasa (pelatihan dan pembekalan ketrampilan).

Tuntutan jaman semakin berat, para generasi muda diharuskan lebih kreatif dan inovatif mengingat dalam beberapa tahun ke depan kita sakan menghadapi “Pasar Bebas Asia” sebagai konskuensi tergabungnya Indonesia dalam kelompok Negara G-20.  mulai tahun 2020 nanti bangsa asing akan bebas berkeliaran dan mendirikan usaha-usaha dan jualan jasa di Negara kita tanpa dipersulit aturan undang-undang, bahkan tidak menutup kemungkinan akan menjajah desa-desa kita secara ekonomi.  Untuk itulah kita harus bersiap dengan serius.

Seperti apakah persiapan kita ?
Setiap kita selain memiliki bakat juga memiliki minat yang khas, tidak mungkin akan sama.  Karir atau pekerjaan apa yang ditekuni kedepannya harus bisa bersaing dan memiliki standar global.

Lebih khususnya, pekerjaan atau usaha apa yang prospeknya menjanjikan di era mendatang ?

Semua usaha, baik penyedia barang dan jasa, barang apapun dan jasa apapun sama-sama memiliki prospek yang bagus, tinggal bagaimana kwalitas dan kuantitas yang dapat dipertahankan sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dari Desa Menatap Dunia"

Posting Komentar

HAK JAWAB DAN KOREKSI BISA DIKIRIMKAN KE EMAIL KAMI ATAU BISA DITULIS DI KOLOM KOMENTAR